Perpustakaan Dhuafa : Taman Bacaan "Rumah Unyil"


Buku adalah jendela dunia, lewat buku kita bisa “berjalan-jalan” keseluruh pelosok dunia tanpa harus menginjakkan kaki disana. Dengan membaca buku pula bisa merangsang kemampuan intelektualitas seseorang apalagi bila kebiasaan ini dimulai sejak usia kanak-kanak. Tapi sayang rendahnya minat baca yang membudaya membuat tradisi membaca jarang diturunkan orang tua pada anak-anak mereka. Masih tingginya harga buku dan akses terhadap sumber bacaan gratis terutama di daerah perekonomian “minus” adalah beberapa sebab yang ditenggarai merendahkan minat baca masyarakat kita. Untuk menjawab persolan ini maka pendirian rumah baca gratis terutama untuk anak-anak di daerah “minus” dirasa penting.

Karena sebab itulah yang bikin aku n teman2 membuat semacam rumah baca gratis buat anak2 kurang mampu. Kami mengambil tempat di lingkungan Bintaro Jaya. Lingkungan Bintaro Jaya adalah daerah perkampungan nelayan di Kecamatan Ampenan, Mataram, Nusa Tenggara Barat. Sebagian besar penduduknya berprofesi sebagai buruh nelayan, gak punya kapal/perahu sendiri, hcuma jadi buruh bagi nelayan lain yang punya kapal penangkap ikan sendiri. Kondisi perekonomian yang terbatas dan kehidupan pantai yang keras membuat banyak remaja yang putus sekolah dan ikut bekerja sebagai buruh nelayan. Sementara anak-anak atau remaja yang bertahan sekolah karena kondisi ekonomi yang sulit gak bisa mendapatkan akses terhadap buku dan hiburan edukatif yang memadai. Sekarang sih masih dalam tahap awal pembuatan rumah bacanya. Alhamdulillah dapat dukungan baik dari warga, malah ada yang mau nyediain rumahnya sebagai tempat rumah baca. 

Dana buat beli buku sih kita udah dapat, ngumpulin sumbangan dari teman2 kantor. Alhamdulillah...cukup lah buat beli beberapa buku untuk awalnya. Ke depan masih harus nyari2 dana lagi nih...hehe...atau mungkin ada sobat blogger yang mo jadi donatur? Boleh banget tuh...hehe...bisa hubungin aku via twitter ato bisa langsung "like" aja page Taman Bacaan "Rumah Unyil" yang ada di blog ku ini, sebelah kanan atas, hehe...
Gak ada salahnya bersedekah. Kalo kata teman2ku sih....ini proyek akhirat...hehe...amien...semoga barokah yang sedikit kami lakukan ini.


Dulu waktu masih kuliah, aku pernah punya impian pengen bikin rumah baca kayak gini, pengen bikin rumah singgah juga buat anak2 jalanan. Alhamdulillah sekarang rumah baca udah di depan mata. Semoga ke depan bisa mewujudkan rumah singgahnya juga. Kenapa pengan bikin rumah baca? Simpel...karena aku hobi baca, karena dulu aku gak pernah bisa beli buku karena gak da duit, karena aku pengen anak2 yang suka baca tapi gak bisa beli buku masih tetap bisa baca buku, karena aku pengen biarpun mereka putus sekolah tapi tetap dapat ilmu walaupun bukan dari sekolah. Semoga masih ada hati-hati yang tulus yang tergerak untuk membantu mereka yang kurang beruntung. Happy blogging guys...

These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati

2 Responses to this post

  1. Muhamad Ratodi on 1 February 2011 at 12:23

    wah..dream come true..cita2 yang mulia mbak... mudah2an sukses terus sama taman bacaannya :)

  2. Woelan Tomomi on 1 February 2011 at 14:34

    amien...makasih mas Todi...ayo ikut membantu...hehehe...

Leave a comment

Desing Downloaded From Free Blogger Templates | Free Website Templates | Free PSD Graphics